Merokok membuat perubahan gen dalam tubuh manusia

Avatar

Merokok membuat perubahan gen dalam tubuh manusia – Merokok adalah kebiasaan atau aktivitas menghisap atau menghirup asap dari produk tembakau yang dibakar, seperti rokok, cerutu, atau pipa tembakau. Merokok telah menjadi topik yang kontroversial karena dampak negatifnya terhadap kesehatan, termasuk risiko penyakit jantung, kanker, gangguan pernapasan, dan banyak lagi.

Selain itu, merokok juga berdampak pada lingkungan dan ekonomi. Banyak negara telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi atau mengontrol konsumsi tembakau, seperti melalui peningkatan pajak, larangan merokok di tempat umum, dan kampanye anti-merokok.

Merokok membuat perubahan gen dalam tubuh manusia

Merokok membuat perubahan gen dalam tubuh manusia
Sumber : Pexels

Sebuah penelitian menemukan merokok mengubah aktivitas gen dalam tubuh manusia, ini meningkatkan perkembangan berbagai penyakit dalam tubuh. Penelitian ini dipublikasi oleh Jurnal Medical Genomics di Los Angeles.

Temuan dapat menjadi petunjuk mengapa merokok mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Dari penyakit jantung sampai memerangi infeksi, menurut penelitian yang telah dilakukan oleh tim peneliti dari San Antonio – Texas dan Menzies Research Institute Tasmania di Australia.

Penelitian ini menganalisa contoh sel darah dari 1.240 orang yang berumur antara 16 sampai dengan 94 tahun yang telah berpartisipasi untuk penelitian Family Heart di San Antonio.

Tim peneliti menemukan bahwa dalam kelompok tersebut, 297 orang yang mengidentifikasi diri sebagai perokok cenderung memiliki pola ekspresi gen yang tidak biasa. Hal ini terkait dengan perkembangan tumor, peradangan, eliminasi virus, kematian sel dan banyak lagi.

Menurut penelitian ini, merokok dapat meningkatkan dan menurunkan keaktifan 323 gen dalam tubuh manusia.

Seperti yang telah diketahui oleh kalangan kedokteran sejak lama. Bahwa merokok dapat memperburuk resiko kanker secara keseluruhan, menurunkan daya tahan tubuh, memicu penyakit jantung katarak serta memberlambat proses penyembuhan pada luka.

“Hal yang paling utama dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh rokok secara biologi terhadap tubuh manusia. Kini telah terbukti bahwa merokok memang dapat mempengaruhi genetik tubuh.”, dikatakan oleh Jac Charlesworth, salah satu anggota peneliti di Menzies Research Institute Tasmania di Australia.

Charlesworth menambahkan : “Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 senyawa kimia dan beberapa diantaranya adalah racun, carcinogen yang terkenal sebagai penyebab kanker dan salah satu senyawa dari asap rokok ini telah di pasarkan secara luas ke masyarakat sebagai racun tikus. Berdasarkan penelitian ini, ketika seseorang merokok, racun masuk ke sistem peraliran darah yang membawanya ke seluruh bagian tubuh melalui paru-paru.”