Berita, Kue  

Resep Kue Yogurt Kelapa (Coconut Yogurt Cake)

Avatar

Resep Kue Yogurt Kelapa (Coconut Yogurt Cake) – Sejak kecil saya sangat tertarik dengan dunia baking karena saya memang sangat menyukai kue-kuean dan makanan manis.

Sayangnya kami tidak puya oven di rumah dan ibu saya pun juga tidak pernah punya waktu untuk membuat kue. Ketika akhirnya saya menikah dan punya oven di rumah, impian saya untuk belajar baking dan membuat kue kapan pun saya mau, tercapai juga.

Berbekal youtube dan resep online di google, saya belajar baking secara autodidak. Setelah berani membuat kue dengan takaran sendiri, saya mulai coba-coba juga membuat kue dengan resep sendiri sesuai dengan bahan-bahan yang saya inginkan.

Salah satu kue favorit saya dan suami adalah kue yogurt kelapa. karena disamping nikmatnya yogurt terkandung beberapa manfaat yogurt yang baik untuk pencernaan.
nah simak Bagaimana langkah-langkah pembuatannya? Ini dia . . .

Resep Kue Yogurt Kelapa (Coconut Yogurt Cake)

Resep Kue Yogurt Kelapa (Coconut Yogurt Cake)
Sumber : Depositphotos

Bahan-bahan

1 cangkir tepung terigu

1 cangkir tepung tapioka

3/4 cangkir brown sugar ataupun gula pasir biasa

1 sdt vanili ataupun esens vanila

1 sdt baking powder

sejumput garam

1/2 cangkir kelapa parut

1 cangkir yogurt

1 sdm perasan lemon (atau 2 sdm jika ingin sedikit lebih asam)

1 butir telur

1/2 cangkir butter atau margarin yang dilelehkan

Cara membuat:

1. Panaskan oven pada suhu 180°.

2. Lelehkan butter atau margarin.

3. Olesi loyang dengan butter atau margarin.

4. Ayak tepung terigu dan tapioka ke dalam sebuah mangkuk adonan dan tambahkan bahan-bahan kering lainnya, seperti gula, baking powder, vanili, dan garam, lalu aduk rata dengan spatula.

5. Masukkan kelapa parut, yogurt, perasan lemon, telur, dan butter atau margarin, kemudian aduk rata. Aduk pakai spatula juga bisa, tidak perlu pakai mixer.

6. Tuang seluruh adonan ke dalam loyang dan panggang di dalam oven selama 50-60 menit.

7. Keluarkan kue yang sudah matang dan dinginkan pada suhu ruangan selama kurang lebih 10 menit.

Gampang ‘kan? Kuenya lezat dan cocok dinikmati untuk sarapan ataupun teman minum teh atau kopi. Jika kalian menambakan 2 sdm perasan jeruk lemon, maka rasa kuenya akan sedikit lebih asam, tetapi tidak berlebihan, justru jadi terasa segar. Hmm .

Parutan kelapa juga menambahkan cita rasa yang lebih, dan menurut saya takaran setengah cangkir itu sudah cukup, kalau lebih dari itu, parutan kelapanya akan terlalu mendominasi tekstur kue saat dikunyah. Di sini, di Jerman, saya hanya bisa menemukan kelapa parut yang sudah kering, jadi kelapa parut itulah yang selalu saya pakai. Kalau kalian menemukan kelapa parut kering juga, maka bisa dipakai .

Resep kue kelapa yogurt ini saya buat ketika saya ingin membuat kue, tetapi ternyata saya kehabisan tepung terigu, hanya tersisa satu cangkir saja! Akhirnya saya coba tambahkan tepung tapioka dan hasilnya malah amazing, tepung tapioka membuat kue menjadi kering di bagian luar, tetapi lembut dan moist di bagian dalam, perpaduan yang enak dan unik.

Selamat mencoba!